Persyaratan dan Langkah-langkah Pembuatan Kartu Keluarga

Kartu Keluarga atau yang biasa disingkat KK merupakan salah satu dokumen yang wajib di miliki oleh setiap kepala keluarga. Kartu Keluarga memiliki banyak fungsi dalam hal pencatatan sipil, misalnya dalam salah satu persyaratan pembuatan KTP ataupun Akta.

Selain untuk catatan sipil, Kartu keluarga pun menjadi salah satu persyaratan di lembaga swasta, misalnya perbankan ataupun menjadi salah satu syarat untuk bekerja di sebuah perusahaan.

 Dalam membuat ataupun memperbaharui data dalam kartu keluarga sebenarnya sama saja dalam hal persyaratan yang harus terpenuhinya. Berikut ini adalah persyaratan dalam hal pembuatan kartu keluarga

PERSYARATAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA BARU
  • Fotokopi KTP suami istri (dalam satu alamat yang sama)
  • Fotocopy Buku nikah
  • Fotokopi Ijazah terakhir suami istri
  • Fotokopi Kartu keluarga lama, dari pihak suami istri
  • Mengisi Formulir permohonan pembuatan KK

PERSYARATAN PERUBAHAN DATA KARTU KELUARGA
Perubahan data pada kartu keluarga artinya, ada penambahan orang baru (bayi) ataupun pindahan dari kartu keluarga lain, persyaratannya adalah ;
  • KK Asli dan Fotokopi
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Akta atau Surat Keterangan dari dokter/bidan (bagi yang baru lahir)
  • Ijazah Terakhir
  • Mengisi Formulir permohonan pembuatan KK

TAHAPAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA
Setelah semua persyaratan terkumpul, langkah selanjutnya adalah anda datang ke ketua RT sesuai dengan alamat yang ada di KTP, dan meminta Formulir permohonan pembuatan KK, jangan lupa untuk meminta stempel dan tanda tangan ketua RT.

Selanjutnya datang ke Desa/Kelurahan untuk meminta tanda tangan lurah dan stempel dari desa, jika sudah maka anda datang ke kecamatan untuk meminta tanda tangan serta stempel dari kecamatan.

Di kecamatan, anda akan mendapatkan Draft Kartu keluarga, ingat ini bukan asli, namun hanya sementara. Langkah berikutnya anda datang ke Pencatatan Sipil (Catpil) dengan menyerahkan Formulir yang sudah di tanda tangan serta stempel dari RT, Desa dan Kecamatan serta Draft KK.

Contoh formulir permohonan pembuatan KK

Maka Kartu Keluarga anda bisa langsung selesai hari itu juga, namun pada umumnya antrian di Catpil biasanya sangat penuh dan bahkan dibatasi jumlah antriannya, ada baiknya anda datang pada pagi hari agar dapat nomor antrian.
Contoh Draft KK dari Kecamatan

KESIMPULAN
Sebenarnya pembuatan KK itu cukup satu hari dan tidak terlalu rumit, bahkan tidak di pungut biaya sama sekali, asalkan anda siap dengan antrian dan ada kemauan untuk pergi kesana kesini.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Persyaratan dan Langkah-langkah Pembuatan Kartu Keluarga"

 
Template By Kunci Dunia