Tahapan Migrasi/Pindah dari HTTP ke HTTPS untuk Blogspot

HTTP (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs, dengan Https pengunjung akan aman karena data pribadinya akan selalu ditanyakan oleh protokol ini, jadi anda jangan khawatir data anda akan secara otomatis terambil oleh pemilik situs yanng sedang anda kunjungi.

PENGARUH UNTUK BLOG
Jika saya adalah pengunjung yang sedikit waspada terhadap salah satu situs dari jutaan situs, maka saya akan lebih memilih membuka laman dengan protokol HTTPS dibandingkan HTTP, secara otomatis pengunjung akan lebih meningkat dibandingkan ketika menggunakan Http. Jadi berpengaruh terhadap SEO? walaupun belum sepenuhnya terbukti tapi Google lebih menyarankan pemilik situs untuk menggunakan protokol Https.

Sebagai jangka panjangnya (menurut saya pribadi) akan lebih aman dan tenang, kita tidak akan pernah tahu beberapa tahun kedepan algoritma google mungkin akan segera meninggalkan situs/blog dengan protokol Http bukan?

APAKAH TRAFIK AKAN MENURUN SETELAH MIGRASI DILAKUKAN?
Berdasarkan pengalaman saya tidak akan berpengaruh terhadap trafik setelah migrasi Http ke Https ini dilakukan, bahkan dalam beberapa bulan kedepan trafik akan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

Data dari Alexarank pada saat saya masih menggunakan Http sekitar 400rban, dan setelah satu bulan migrasi masih diangka 400rban (kadang naik-turun), jadi tidak ada penurunan secara signifikan. Jadi anda jangan khawatir untuk bermigrasi, asalkan anda harus menyelesaikan tahapan-tahapan ketika setelah mengganti protokol dengan benar sehingga tidak ada Url yang tidak valid.

APAKAH PENGHASILAN ADSENSE AKAN MENURUN?
Pada artikel atau diskusi grup seputar perpindahan protokol ini sangat bervariasi, ada yang mengatakan penghasilan akan menurun karena ada beberapa slot iklan yang tidak sesuai dengan Https, ada juga yang mengatakan penghasilan meningkat.

Untuk hal ini saya memiliki jawaban pribadi, yaitu naik turun penghasilan adsense tidak dipengaruhi oleh protokol baik itu http maupun https, karena setelah migrasi penghasilan adsense yang didapat selalu berubah-ubah, kadang naik kadang turun, dilain hal saya juga bereksperimen posisi peletakan slot iklan. Jadi yaa sama-sama saja penghasilannya ketika masih dengan protokol Http.

TAHAPAN MIGRASI DARI HTTP KE HTTPS
Buka Blogger > Setting > Dasar > Https. Silahkan ubah menjadi "Ya" pada ketersediaan Https, pengalihan Http juga diubah menjadi "Ya", jika tidak bisa tunggu 1x24jam biasanya akan bisa dialihkan.


HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SETELAH MENGUBAH SETELAN HTTPS
1. Backup template blog anda segera setelah melakukan migrasi, caranya ke Tema > Download tema


2. Buka Tema > Edit Html dan copy seluruh kode CSS dan paste di Wordpad/MS Office

3. Ganti seluruh  kata "Http" menjadi "Https", hal ini dilakukan agar tidak terjadi url tidak valid (error 404).
Caranya pilih Replace, Ketik kata https pada Find What dan http pada Replace with, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahanpada kata Https menjadi Httpss (double S), jadi kita ganti dulu seluruh kata Https menjadi Http.

4. Jika langkah ketiga sudah dilakukan, ulangi kembali Replace. Namun sekarang ketik http pada Find What dan https pada Replace with, ini agar seluruh kata http menjadi https. Simpan template ini dan copy

5. Setelah dicopy, pastekan pada Edit Html pada blog anda, sebelumnya hapus terlbih dahulu kode html css yang lama.

6. Buka blogger > Tata letak, ubah semua kata Http menjadi Https secara manual, cek satu persatu dikhawatirkan ada javascript yang pernah anda buat.

7. Buka juga artikel lama anda yang terdapat internal link, sebisa mungkin ganti url dengan protokol http menjadi https. Namun jika terlalu banyak tidak usah juga tidak masalah, karena jika seseorang mengklik url dengan protokol http akan secara otomatis dialihkan ke https asalkan pengaturan pada pengalihan di setelan diubah "Ya"

8.Pergi ke https://www.google.com/webmasters/tools dan buat properti baru dengan url blog anda yang terbaru (dengan https).
Ini dilakukan agar Google cepat mengindeks url dengan protokol baru anda secepat mungkin.
Klik tambahkan properti
MAsukan url baru dan klik Tambah

9. Jangan lupa Sitemapnya diisi, untuk langkah pengisian sitemap pada webmaster Google bisa Baca : Cara Membuat Sitemap pada webmaster Google

10. ini adalah contoh protokol baru yang lebih aman

Baca JugaCara Membuat Sitemap pada webmaster Google
Tag : Tips Blog
0 Komentar untuk "Tahapan Migrasi/Pindah dari HTTP ke HTTPS untuk Blogspot"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top