Tips Memilih Tema dan Judul Tugas Akhir BSI Agar Cepat ACC

Memilih tema untuk menyusun Tugas Akhir (TA) memang susah susah gampang, gampang yaa sebenarnya kita bisa menentukan tema dan judul dalam waktu 10menit, susah karena kita harus memikirkan kedepannya untuk menyusun sesuai tema dan judul yang telah dibuat sesuai kemampuan kita, percuma kan memilih tema tapi kita tidak tahu bagaimana proses penyusunannya bahkan sama sekali blank???

Bagi anda yang sedang dalam penyusunan tugas akhir atau bahkan selesai dan hanya tinggal menunggu ujian sidang ada baiknya Baca : Tips Menghadapi Ujian Sidang Tugas Akhir barang kali bisa jadi referensi anda.

TIPS MEMILIH TEMA TUGAS AKHIR
1. Pilih sesuai kemampuan
Setiap fakultas memiliki beberapa tema tugas akhir yang bisa diambil mahasiswanya, misalnya AMIK (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer) khusus jurusan Manajemen Informatika memiliki 5 tema diantaranya ;

  • Pemrograman Visual
  • Pemrograman Berbasis Objek
  • Pemrograman Web
  • Analisa Perancangan Sistem Informasi, dll

Dari pilihan bidang diatas minimal satu anda harus menguasai untuk mengerjakannya, misalnya saya senang pemrograman visual karena memang lumayan bisa untuk membuat programnya, dan saya yakin dalam penyusunan TA akan lancar jika saya mengambil tema ini.

2. Jangan ikut-ikutan teman
Ada satu kasus dimana mahasiswa tidak mengerti semua bahkan satu tema pun sehingga memilih untuk mengambil tema sesuai pilihan mayoritas temannya. Hal ini sebaiknya dihindari, karena anda bisa terjebak/stuck dalam pembuatan TA, lalu siapa yang akan membantu untuk menyusun tugas anda? teman anda? jujur dari pengalaman saya sangat sulit untuk meminta teman sedikit mengajarkan membuat program, karena mereka juga sangat sibuk dengan TA nya sendiri. Jadi, jangan berharap banyak teman yang membantu anda.

3. Minta saran dosen
Jika anda sudah sangat bingung untuk memilih tema apa untuk tugas akhir, ada baiknya anda meminta saran ke dosen anda atau assdos, mereka bisa menjelaskan tingkat kesulitan masing-masing tema, jadi mungkin bisa menyesuaikan dengan kemampuan anda. Biasanya dosen akan menjelaskan tema-tema untuk TA, jadi jika ada jadwal untuk membahas tema TA usahakan anda hadir.

4. Sama sekali bingung dan pasrah
Semua permasalahan pasti ada solusinya, jika anda bingung untuk memilih tema, silahkan pilih yang sekiranya sedikit masuk ke pikiran, solusi kedepannya adalah anda bisa mengikuti bimbingan dosen atau bisa bimbingan privat (kerumah dosen) jika memang ada, atau anda bisa meminta bantuan teman yang sudah pernah membuat TA (alumnus).
Baca Juga : Tips Menghadapi Ujian Sidang Tugas Akhir 
TIPS MEMBUAT JUDUL TUGAS AKHIR AGAR CEPAT ACC
Jika anda sudah bulat dalam menentukan tema, maka selanjutnya anda masuk kedalam langkah selanjutnya yakni membuat judul yang sesuai dengan tema yang sebelumnya telah dipilih.

1. Buat berbeda
Kesalahan mahasiswa dalam membuat judul adalah membuat judul yang itu-itu saja, maksudnya judul yang kebanyakan ada di perpustakaan, biasanya disana menyimpan buku TA alumnus dan mahasiswa menjadikan buku tersebut sebagai bahan referensi.

Misalnya tema  pemrograman visual/web membuat judul ;

  • Pemrograman Penerimaan siswa baru
  • Pemrograman penggajian
  • Pemrograman Rekrut karyawan
  • pemrograman penjualan/pembelian


Judul diatas sudah banyak digunakan oleh mahsiswa dari tahun ketahun, jadi bisa dipastikan anda tidak ACC judul oleh dosen pembimbing. Buatlah berbeda misalnya pemrograman Pendaftaran servis motor di AHASS

2.Semakin judul panjang maka semakin bagus
mengapa saya mengatakan hal demikian? karena judul yang mengandung unsur pertanyaan adalah kesalahan besar bagi mahasiswa, pada saat ujian sidang akan dipertanyakan masalah judul.

Misalnya anda membuat judul Pemrograman Pendaftaran siswa disekolah SMAN 1 Karawang, dosen akan mempertanyakan untuk siswa baru atau pindahan? Jika tidak ada kata baru/pindahan di dalam judul maka dosen penguji akan menganggap dua-duanya, jadi didalam tugas akhir anda harus ada 2 unsur yaitu Pendafataran siswa (baru & pindahan) disekolah SMAN 1 Karawang. lain cerita jika anda membuat judul Pendaftaran siswa Baru disekolah SMAN 1 Karawang, maka anda akan terarah membuat program khusus pendaftaran siswa baru saja.

3. Judul sesuaikan dengan Riset dan Nonriset
Ketika saya membuat TA di BSI pada tahun 2015 peraturan baru mahasiswa diperbolehkan tidak melakukan riset dalam penyusunan tugas akhir, artinya ini juga akan berpengaruh pada judul. Jika anda memilih riset maka harus ada nama lembaga dan tempat dijudulnya, misalnya ;

  • Nonriset : Pemrograman Pendaftaran siswa baru disekolah
  • Riset : Pemrograman Pendaftaran siswa baru disekolah SMAN 1 Karawang


AKHIR KATA
Dadalam menetunkan tema serta membuat judul tugas akhir diperlukan ketelitian, karena dua hal ini yang akan mempengaruhi isi didalam BAB tugas akhir, jika anda mengerti akan tema dan judul maka dalam penyusunanpun akan semakin mudah. Demikian Tips Memilih Tema dan Judul Tugas Akhir BSI Agar Cepat ACC, artikel ini adalah berdasarkan pengalaman saya ketika menyusun tugas akhir. Semoga menjadi referensi anda
Baca Juga : Tips Menghadapi Ujian Sidang Tugas Akhir 

0 Komentar untuk "Tips Memilih Tema dan Judul Tugas Akhir BSI Agar Cepat ACC"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top