Beli Smartphone di Shoppe atau Tokopedia? | Pengalaman

Handphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan seseorang dizaman sekarang ini, bahkan untuk satu orang bisa memiliki lebih dari satu handphone. Kini handphone sudah bertransformasi menjadi Smartphone (telepon pintar), dengan smartphone kita bisa terbantu dan apapun sudah ada digenggaman tangan.

Kebutuhan smartphone di Indonesia sudah tinggidari tahun ke tahun, terbukti dengan rilisan smartphone terbaru setiap tahunnya dari berbagai merk. Kebutuhan belanja akan smartphone pun menjadi beraneka ragam, mulai dari membelinya di toko resmi hingga secara online.

Saya pribadi akhir-akhir ini lebih sering berbelanja smartphone secara online, sudah 3kali dan alhamdulilah baik-baik saja, walaupun untuk pertama kalinya sempat ragu. Keraguan itu bisa kita cegah asalkan kita lebih cermat dalam membeli smartphone secara online.

Tokopedia dan Shopee adalah marketplace yang sudah saja jajal untuk membeli smartphone, saya lebih menyarankan 2 toko online ini karena memang harganya sangat bersaing (miring) dan banyak juga feedback positifnya. lalu bagaimana dengan Bukalapak, Blibli, Lazada dan yang lainnya? saya sempat cari-cari di Lazada untuk rencana membeli iPhone 5S, tapi kebanyakan feedbacknya negatif dan juga pembelinya kurang dari 20 orang, saya bisa beli smartphone tersebut jika pembelinya minimal ada 500, jadi sudah pasti si penjual no tipu-tipu. Saya juga tidak terlalu suka cari barang di Bukalapak karena tema warnanya merah nge-jreng yang membuat mata sakit, jadi saya tidak suka berlama-lama jika tampilan dekstop itu warnanya cerah seperti merah terang ataupun kuning, sedangkan warna tokopedia sangat nyaman dilihat, Shopee juga tidak terlalu nge-jreng orangenya.

TIPS BELI SMARTPHONE DI SHOPEE
1.  ketik merk smartphone beserta tipenya, centang pada filter "Terlaris" atau juga bisa "Star Seller", mengapa begitu? karena star seller biasanya memiliki riwayat pembeli banyak. Misalnya dibawah ini saya pilih 2 penjual teratas dengan jumlah feedback paling banyak dan bintang 5. Saya cek satu-satu dan ternyata saya lebih memilih yang feedbacknya 210
Pilih feedback paling banyak disertai 5 bintang

2. Setelah itu lihat juga harga, spek, warna, RAM,  garansi apakah sesuai dengan yang diharapkan
Saya lebih memilih garanasi TAM walaupun harga lebih mahal sedikit, karena garnasi TAM merupakan garansi paling bagus dan paling banyak digunakan di toko-toko offline resmi.
3. Berikut ini contoh dari penjual yang lain, pembelinya lumayan banyak namun terdapat feedback negatif pada 1 bintang, setelah saya lihat testimoni pembeli kebanyakan kecewa dan pastinya saya tidak akan membeli hp disini


KELEBIHAN BELI HP DI SHOPEE
Di shopee terdapat penjual resmi, misalnya akun resmi Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo dan lainnya. Pengikutnya pun hingga puluhan hingga ratusan ribu orang. Saya lebih baik membeli di akun resmi ini karena garansinya sudah pasti resmi, yaa walaupu harganya agak mahalan sedikit.

TIPS MEMBELI SMARTPHONE DI TOKOPEDIA
1. Sama seperti di shopee, pilih rating bintang 4 keatas dengan feedback paling banyak
Pada gambar diatas produk yang sudah terkirim sudah mencapai 300+, artinya penjual dapat dipercayai tapi dengan syarat feedbacknya juga harus positif.

2. Saya lihat feedbacknya, angkanya nyaris sempurna yakni 4.9 bintang dengan lebih dari 200+ feedback, sudah dipastikan saya lebih baik membeli smartphone ditempat ini.

KESIMPULAN
baik di shopee maupun Tokopedia memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, misalnya dishopee dengan minimal belanja nominal tertentu akan mendapatkan gratis ongkir, ataupun tokopedia dengan belanja akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan voucher gratis ongkir atau apapun.
Namun perlu diingat sebelum membeli smartphone secara online harus memperhatikan deskripsinya, serta pengembalian/penukaran/refund barang jika ternyata tidak sesuai seperti apa yang diharapkan. Semua itu bisa anda baca di kebijakan pembeli ataupun catatan toko.
0 Komentar untuk "Beli Smartphone di Shoppe atau Tokopedia? | Pengalaman"

Silahkan Komentar sobat !
Berkomentarlah dengan sopan dan tidak menaruh link aktif!
Baca Aturan Berkomentar

Back To Top