Biaya Melahirkan Menggunakan BPJS Kesehatan Bisa?

Persalinan merupakan hal yang wajib di persiapkan baik itu dari mental maupun biayanya. Saya yang pernah menemani istri bersalin di sebuah rumah sakit, jadi tahu bagaimana persiapan, persyaratan dan kondisi sang ibu sebelum melahirkan.

MELAHIRKAN DENGAN MENGGUNAKAN ASURANSI BPJS
BPJS kesehatan ialah program pemerintah yang wajib diikuti oleh seluruh masyarakat. Walaupun bnyak kekurangan perihal pelayanan Bpjs, ternyata Bpjs sangat amat menolong biaya persalinan ibu melahirkan.

Pada awalnya ketika istri sudah masuk ke tahap pembukaan pertama, bidan menyarankan untuk langsung ke UGD rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Ketuban yang rembes tanpa adanya rasa mulas, dikhawatirkan terjadi apa apa terhadap bayi dan ibu. 

RUJUKAN DARI FASKES KE RS
Seharusnya prosedur Bpjs bagi pasien yang masuk ke rumah sakit diwajibkan atas rekomendasi dokter di klinik faskesnya, dengan surat rujukan pasien bisa langsung ditangani oleh pihak Rumah sakit.

Namun karena klinik faskes tutup, maka saya bersama istri melakukan pemeriksaan ke bidan terdekat. Bidan membuat surat rujukan untuk ke rumah sakit.

Sesampainya di rumah sakit, saya agak kebingungan karena pihak rumah sakit enggan menerima surat rujukan yang bukan dari faskes pasiennya sendiri.

Dengan berbagai macam pertimbangan dan dalam keadaan darurat, akhirnya pihak RS menerima pembayaran menggunakan asuransi Bpjs Kesehatan.

FASILITAS PERSALINAN MENGGUNAKAN BPJS DI RUMAH SAKIT
Fasilitas yang di layanni, sama halnya dengan pasien umum. Karena memang saya sudah tahu bagaimana kondisi pelayanan di RS tersebut, jadi saya tidak terlalu begitu khawatir, tidak seperti RS lain yang ada saja menelantarkan pasien Bpjs.

TANPA ADA BIAYA TAMBAHAN
Jika dikalkulasikan dan dibayar dengan metode pembayaran Umum, seharusnya saya menghabiskan dana sebesar Rp9jutaan. Dimana Rp6juta biaya persalinan sang ibu dan Rp3jutaan biaya perawatan anak, karena memang anak saya sempat dirawat selama 3 hari pasca dilahirkan.

Anak saya mendapat jaminan kesehatan BPJS karena saya langsung mendaftarkannya setelah 6 jam dilahirkan, pendaftaran Bpjs anak baru lahir pun dipermudah, cukup datang ke bagian administrasi rumah sakit dan membawa surat keterangan lahir dari dokter atau bidan yang membantu istri melahirkan.

KESIMPULAN
Ada baiknya bagi anda yang akan bersalin dengan menggunakan Bpjs, siapkan segala persiapan mulai dari persyaratan hingga barang apa saja yang hendak dibawa ke rumah sakit atau klinik.

jika memang darurat (malam hari) dan klinik tutup, segera datang ke UGD rumah sakit terdekat, jangan khawatir takut tidak dilayani. Tapi jika klinik faskes anda masih buka, segera bawa ke klinik. 

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Biaya Melahirkan Menggunakan BPJS Kesehatan Bisa?"

 
Template By Kunci Dunia